Apa Perbedaan Antara Trigliserida Dengan Kolesterol

By | May 24, 2017

Perbedaan Trigliserida Dengan Kolesterol – Selama ini masih banyak yang mengira jika trigliserida itu sama dengan kolesterol. Nyatanya, meskipun sama-sama lemak, trigliserida dan kolesterol memiliki arti yang berbeda.

Apa Perbedaan Antara Trigliserida Dengan Kolesterol?

Jika Anda mengira trigliserida sama dengan kolesterol, maka Anda salah. Trigliserida dan kolesterol adalah jenis lemak yang berbada. Tapi, keduanya sama-sama di butuhkan oleh tubuh. Dengan catatan, jumlahnya tidak melebihi batas normal.

Perbedaan Antara Trigliserida Dengan Kolesterol

Jumlah trigliserida maupun kolesterol yang tinggi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Salah satunya dapat memicu terbentuknya plak pada pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah tersumbat.

Tidak hanya itu saja, trigliserida maupun kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, diabetes melitus, stroke, dan penyakit degeneratif lainnya.

Inilah Perbedaan Antara Trigliserida Dengan Kolesterol Yang Harus Anda Ketahui

Trigliserida

Trigliserida sendiri adalah lemak darah yang dihasilkan dari proses penguraian makanan pada tubuh.

Perbedaan Antara Trigliserida Dengan Kolesterol

Selain dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, trigliserida yang ada di dalam tubuh juga bisa berasal dari hasil produksi yang dilakukan sendiri oleh tubuh sebagai sumber energi.

Orang yang sering mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi atau melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita trigliserida tinggi.

Batas normal trigliserida di dalam tubuh adalah kurang dari 150 mg/dL. Jika jumlah trigliserida Anda di atas 150 mg/dL, bisa di pastikan kadar trigliserida Anda termasuk tinggi.

Sebagian besar kasus trigliserida tinggi di picu oleh gaya hidup / lifestyle yang tidak sehat. Dan, di bawah ini ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan trigliserida tinggi. Diantaranya:

  • Hipotiroidisme
  • Konsumsi alkohol
  • Memiliki penyakit ginjal
  • Efek samping terapi pengganti hormon estrogen
  • Memiliki gangguan metabolisme lemak
  • Efek konsumsi obat-obatan tertentu, seperti: beta-blockers, steroid, tamoxifen, diuretik, pil KB.

Baca Juga โ‡’ Tanda dan Gejala Trigliserida Anda Tinggi

Trigliserida tinggi yang Anda alami sebaiknya segera di tangani. Pasalnya, trigliserida tinggi yang tidak mendapatkan penanganan bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Bahkan, bisa mengancam jiwa.

Kolesterol

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Perbedaan Antara Trigliserida Dengan Kolesterol

Ada dua jenis kolesterol. Yakni, LDL (Low Density Lipoproteins) atau yang kita kenal sebagai lemak jahat, dan HDL (High Density Lipoproteins) atau lemak baik.

Usahakan agar kadar LDL tidak lebih tinggi dari HDL. Bisa bahaya jika kadar LDL Anda tinggi. Anda bisa dengan mudahnya terserang penyakit kronis. Bahkan, penyakit jantung koroner dan serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian mendadak.

Batas normal LDL di dalam tubuh adalah kurang dari 100 mg/dL. Dan, apabila jumlahnya telah mencapai 160-189 mg/dL sudah masuk level tinggi. Sedangkan jumlah LDL 190 mg/dL dan selebihnya, sudah berada pada level sangat tinggi.

Selain dari makanan tinggi lemak yang Anda konsumsi, kolesterol tinggi juga bisa dipicu oleh:

  • Faktor genetik / keturunan
  • Rokok
  • Jenis kelami. Umumnya, wanita memiliki risiko lebih tinggi, terlebih setelah menopause
  • Usia. Pria di atas 45 tahun dan wanita di atas 55 tahun
  • Ras / Etnis. Ada sejumlah etnis yang secara alami memiliki kolesterol tinggi, misalnya saja dari Asia seperti India, Pakistan, atau Sri Langka
  • Minim aktivitas fisik
  • Tidak pernah berolahraga
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti: liver, penyakit ginjal, dan tiroid yang tidak aktif.

Sama halnya dengan trigliserida, kadar kolesterol tinggi juga harus segera di tangani sebelum terjadi kondisi yang lebih buruk pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Baca Juga โ‡’ Buah Untuk Penderita Trigliserida Tinggi

Nah, bagaimana? Sekarang Anda sudah tahu, kan, apa bedanya trigliserida dengan kolesterol?

Terima kasih sudah menyimak artikel “Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol” di atas. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya ๐Ÿ™‚

_Salam Sehat_

Posted By : Obat Penurun Trigliserida Tinggi

Apa Perbedaan Antara Trigliserida Dengan Kolesterol?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *